indosteger@gmail.com   +62818716828

News

5 Cara Membuat Kanopi Dari Besi Hollow dengan Mudah

Media
24 Feb 2024

Indosteger

Indosteger adalah platform jual dan sewa scaffolding dengan proses produksi menggunakan teknologi tinggi dan bahan berkualitas sehingga hasil produksi berstandard nasional.

Kanopi dari baja ringan seperti besi hollow sudah sering digunakan oleh banyak orang. Hal ini karena kanopi baja ringan menawarkan banyak kemudahan; mulai dari kekuatan hingga harga yang kompetitif. Anda bahkan bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti panduan cara membuat kanopi dari besi hollow di artikel ini.

Kanopi adalah salah satu konstruksi atau furnitur rumah yang dapat memberikan kenyamanan ekstra. Keberadaannya dapat membuat Anda dapat bersantai sambil menikmati suasana di luar rumah tanpa harus takut menghadapi sinar matahari maupun air hujan.

Karena fungsinya, Anda dapat menemukan berbagai bahan untuk membuat kanopi, salah satunya adalah kanopi baja ringan seperti besi hollow.

Harga besi hollow galvanis itu memang relatif lebih murah, namun perhatikan secara khusus kualitas dan ukurannya. Ukurannya wajib dipertimbangkan agar Anda bisa lebih menghemat budget Anda. Juga, persiapkan segala pekarangan yang Anda butuhkan. 

Cara membuat kanopi dari besi hollow tidak memerlukan keahlian khusus. Bahkan, tahapan pembuatannya dapat dilakukan oleh siapa saja. Asalkan, Anda memiliki peralatan yang dibutuhkan. Kalau mau, Anda pun dapat memanfaatkan keahlian membuat kanopi besi hollow sebagai ladang pekerjaan baru.

Bagaimana Cara Membuat Kanopi Baja Ringan Besi Hollow Dengan Tepat?

Proses pembuatan rangka baja ringan dalam pembuatan kanopi dapat dibilang simpel. Hal ini karena material baja ringan seperti besi hollow memang sangat mudah diolah dengan menggunakan alat-alat yang mudah didapatkan.

Anda memang dapat memanggil jasa atau tukang panggilan untuk membuat kanopi besi hollow di rumah Anda. Umumnya, Anda akan dikenakan harga kanopi per meter. Hal tersebut tentu akan menjadi beban, apalagi jika Anda akan membuat dan memasang kanopi yang berukuran besar.

Untungnya, bahan besi hollow ini adalah bahan yang mudah diolah. Intinya, Anda dapat memasang kanopi dari besi hollow sendirian. Bagi Anda yang ingin tahu cara membuat kanopi dari besi hollow secara langsung, berikut ini adalah 5 tahapannya: 

1. Tentukan Desain dan Ukuran

Seperti dalam proses konstruksi lainnya, tahapan pembuatan kanopi baja ringan besi hollow dimulai dengan menentukan desain atau model kanopi dan ukuran.

Untuk desain, kanopi baja ringan umumnya didesain agar cocok dengan gaya kanopi minimalis. Hal ini karena baja ringan seperti besi hollow memiliki kesan modern yang sangat cocok dipadukan dengan gaya minimalis.

Pengukuran dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kebutuhan bahan. Langkah ini cukup penting agar Anda tidak mengalami kelebihan pembelian, terutama ketika kondisi keuangan terbatas. Semakin besar ukuran kanopi, biaya yang diperlukan juga semakin bertambah. Pada kesempatan ini, asumsikan bahwa Anda ingin membangun kanopi selebar 3,2 meter dan panjang 5,3 meter.

 Baca Juga: Ragam Ukuran Besi Hollow untuk Kanopi

2. Mencari Peralatan dan bahan

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan. Peralatan tersebut di antaranya adalah: 

  • Gerinda yang dilengkapi dengan mata gerinda pemotong besi, pemotong keramik, dan gerinda biasa
  • Bor listrik, disertai mata bor besi 12 mm serta mata bor beton 12 mm
  • Las listrik 120e 900 watt
  • Waterpass
  • Meteran
  • Spidol
  • Palu
  • Penggaris siku
  • Betel 

Selain itu, cara membuat kanopi dari besi hollow juga memerlukan berbagai jenis bahan, di antaranya: 

  • 4 lonjor besi hollow ukuran 4x6 cm dengan panjang 6 meter dan ketebalan 1,8 mm
  • 4 lonjor besi hollow ukuran 4x4 cm panjang 6 meter dan ketebalan 1,8 mm
  • Besi siku seperlunya, dipakai untuk dudukan dynabolt pada kanopi
  • 70 buah sekrup galvalum ukuran 4,5 cm 
  • Atap spandek ketebalan 0,35 mm dengan panjang mencapai 6 meter

Baca juga: Cara Memilih Atap Kanopi Bening

3. Lakukan Pemotongan besi

Setelah semua bahan dan peralatan siap, langkah cara membuat kanopi dari besi hollow berikutnya adalah melakukan pemotongan. Berikut ini adalah daftar ukuran panjang besi yang diperlukan: 

  • 2 potong besi hollow galvanis 4x6 sepanjang 5,2 meter
  • 2 potong besi hollow galvanis 4x6 sepanjang 3,1 meter
  • 2 potong besi hollow galvanis 4x6 sepanjang 2,9 meter, dipakai sebagai tiang depan
  • 2 potong besi hollow galvanis 4x4 dengan panjang 5,12 meter
  • 12 potong besi hollow 4x4 berukuran 1 meter

Baca juga: 7 Cara Membuat Mezzanine Kayu dengan Tepat

4. Pengelasan dan penyambungan

Setelah bahan potongan besi sudah siap, Anda dapat memulai pembuatan rangka utama kanopi memakai potongan besi hollow 4x6. Caranya, terlebih dahulu bentuk persegi panjang. Pastikan bahwa bagian siku setiap sudutnya sudah sesuai. 

Kalau rangka utama sudah terbentuk, Anda dapat melanjutkan pengelasan besi hollow 4x4 yang berguna sebagai rusuknya. Cara penempatan rusuk bisa dilakukan dengan membaginya dengan jarak sebesar 1 meter. Namun jika Anda tidak memiliki mesin las, mungkin informasi cara menyambung besi hollow tanpa las dapat sangat bermanfaat untuk Anda.

Pada tahapan cara membuat kanopi dari besi hollow ini, jangan lupa melakukan pemotongan siku dan melubanginya. Tujuannya adalah sebagai dasar untuk tempat dudukan dynabolt kanopi ke lantai dan tembok.

Baca juga: 9 Cara Membuat Rangka Tenda Besi yang Benar dan Aman

5. Pemasangan Kanopi Dari Besi Hollow

Langkah cara membuat kanopi dari besi hollow yang terakhir adalah menaikkannya. Dalam pemasangan kanopi, Anda perlu terlebih dahulu mengukur serta menandai lokasi pemasangan dynabolt. Jangan lupa memakai waterpass untuk memastikan kanopi terpasang dengan baik. Anda dapat melubangi tembok memakai bor 12 mm dan tanam dynabolt. Namun jika tidak dapat menggunakan bor, mungkin ulasan mengenai cara memasang fisher tanpa bor akan sangat membantu.

Kalau kanopi sudah dinaikkan, lakukan pemasangan tiang penyangga depan. Jangan lupa mengukur ketinggian tiang depan dan belakang agar sesuai keinginan. Selanjutnya, pasang rangka ke tembok memakai baut pada dynabolt. Jika terjadi kesulitan dalam menggunakan baut karena kondisinya, mungkin informasi cara mengatasi baut dol dapat membantu Anda.

Berikutnya, tempatkan tiang depan secara tepat dan jangan lupa memasang dynabolt pada bagian dasar tiang.

Ketika semua sudah siap, Anda tinggal memasang bagian atapnya. Potong spandek sesuai ukuran, dan pasang menggunakan sekrup pada rangka kanopi. Biar terlihat lebih cantik, Anda bisa memilih untuk mengecatnya. 

Nah, itulah 5 langkah cara membuat kanopi dari besi hollow. Sangat mudah, bukan? Besi hollow adalah bahan yang sangat mudah untuk diolah. Karena bobotnya yang ringan, Anda dapat mengerjakan pembuatan kanopi dari bahan ini sendiri. Pastikan Anda telah memiliki bahan dan peralatan yang dibutuhkan serta menentukan desain dan ukuran kanopi agar pekerjaan Anda lancar.

CTA Banner Article

Kesimpulan

Cara membuat kanopi dari besi hollow dimulai dari menentukan desain, mencari peralatan dan bahan, serta melakukan pemotongan, pengelasan, dan pemasangan. Dengan langkah-langkah yang jelas dan tidak memerlukan keahlian khusus, proses pembuatan kanopi dari besi hollow tentu menjadi lebih mudah.

Untuk kebutuhan besi hollow terbaik, Anda bisa mendapatkannya dengan gampang. Belanja saja di Indosteger, dapatkan berbagai UNP besi galvanis, CNP besi galvanis hingga hollow besi galvanis

Baca juga: DIY: Cara Membuat Tiang Kanopi Baja Ringan

 

Artikel Terkait

Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb